PERJUANGAN MABA 2015

Bismilahirahmanirahim
assalamuallaikum wr.wb

Alhamdulillah Alhamdulillahirabil alamin , hanya kata ini yg gue sebut dari kemarin malem, ada apa gerangan?
alhamdulillah gue lolos di UIN syarifhidayatullah jakarta Jurusan Pendidikan Kimia.
Subhanawlah gue gk menduga sama sekali karena udah keseringan di tolak PTN jadi pas pengumuman kemaren pun awalnya biasa-biasa aja gak terlalu pengen banget tau hasilnya..
okee gue ceritain perjuangan gue sampai bisa lolos UIN syarif hidayatullah
Bermula di bulan april 2015 kita semua pelajar SMAN pasti sudah sibuk dengan kegiatan Ujian Nasional Dan Memikirkan akan melanjutkan Kuliah dimana ?
ya tentunya perkuliahan yg sangat kita inginkan, iya gak? ya pastilah nahh pada bulan ini Siswa SMAN Se Nasional ingin meneruskan Kuliahnya caranya dengan mengikuti seleksi jalur undangan atau lebih kerennya SNMPTN 2015
SNMPTN adalah jalur seleksi dengan nilai raport kita boleh memilih 2 PTN dan max 3 Jurusan
Pada kesempatan ini gue Memilih
Universitas Negeri Yogjakarta (UNY) Kimia Murni
awalnya gue sangat yakin bakal lolos di jalur ini karena gue udah liat nilai yg mencukupi dan masuk 5 besar dari kelas 1-3 dan gue pun turut membantu guru Bimbingan Konseling dan Teman-teman yg ingin mendaftar SNMPTN harapan gue si dapet berkahnya..
Finaliasi pendaftaran pun telah selesai , gue udah cape tenaga dan banyak waktu yg terbuang untuk ngurusin temen2 ketimbang belajar buat UN ya kan beraharap dapet berkah
1 Bulan Berlalu dan tanggal berapa gitu gue lupa , Pengumuman SNMPTN akan diumumkan
Lebih tepatnya jam 17.00 WIB
dan saat gue memasukan nomer peserta , layar laptp pun berwarna merah Gue DI TOLAK
gue GAGAL SNMPTN dan serasa kecewa banget , saat gue ngeliat 4 Orang teman gue LOLOS itu malah bikin Nyesek...
Sebelum SNMPTN gue juga udah pernah daftar di
PMDK-PN (seleksi jalur raport Politeknik Nasional SITEMNYA sama Kayak SNMPTN gitu
Gue milih
POLINEMA (malang) Jurusan Listrik
Dan itu pun gagal jugaaaa
selain ituu gue pernah ikut jalur mandiri
D3 UNDIP itupun pake raport dan hasilnya sama hanya warna merah yg terpampang dilayar laptop.
3x gue ditolak PTN cape kecewa dan patah semangat , tapi guru BK gue bilang itu belum yg terbaik buat kamu dimas coba jalur PTKAIN (PTN Khusus ISLAM pake raport sama kayak SNMPTN)
akhirnya gue coba , tapi sama kayak SNMPTN gue harus memasukan nilai seluruh temen2 karena gue udah dipercaya sama guru BK tapi nyeseknya itulohhh kitanya capee...
Dalem hati gue berharap ini semoga berkah..
PTKAIN pun selesai dan hasilnyaaa Maaf Kamu Tidak LOLOS, pada saat gue liat ini gue bener2 nangis , gue malu ngakuinnya tapi iya gue nangis malam itu gue cuma ngeliatain facebook temen2 yg lolos

Keesokan harinya gue mulai berubah , gue mulai cuek ketemen2 gue karena gue ngerasa mereka gk ngucapin terimakasih atas bantuan-bantuan gue selama ini,
tapi ada temen ge namanya ojan , kata dia kita itu Perannya di belakang layar dim gpp insyaallah ALLAH tau kok.
Hari-Hari Pun berlalu dan gue mendapat kesempatan buat jalur UMPN beasiswa PNJ
Gue milih jurusan Telekomunkasi dan gak disangka gue Liat nama gue dipengumuman , wihh alhamdulillah Tapi ternayata itu baru tahap pertama , ternyata ada tahap ke-2 yaitu Jalur test tulis dan wawancara...
Guru BK gue malah udah nyebarin ke warga sekolah bahwa gue udah diterima di PNJ dan saat Acara Perpisahan sekolah Pun Kepala sekolah menyebutkan anak2 yg diterima di PTN/Politeknik dan nama gue disebut padahal kan itu belom pasti kata gue * tapi gue berharapnya setiap perkataan itu adalah doa ya semoga aja lolos aamiin
dan yg paling mengejutkan ituu Nama gue terpampang di SPANDUK Siswa Yg diterima Di PTN ditulis * DIMAS - PNJ
subhanawlahh gue bener2 berharap semoga bisa lolos dan ternyata waktu pengumuman
(MAAF ANDA DINYATAKAN TIDAK LOLOS)
Gue diem disitu , gue sangat sangat terpukul bukan karena gak lolos tapi malu MALUU sama orang2 yg udah tau bahawa sebenernya gue gak lolos PNJ
dan nama gue dispanduk itu sampe sekarang masih ada, ya gue kecewa aja sama sekolahh ...

hari-hari terus berlalu , penyessalan datang kenapa si gue gak milih PTN yg itu kan peluang lolosnya lebih gede pokoknya banyak penyesalan deh, tapi gue inget (Nasi udah jadi bubur , biar enak tambahin kecap , ayam sama kerupuk *hehehe)
ya intinya gue kudu Move on karena temen2 gue yg lain pun beum nyerah
SO Seleksi SBMPTN pun di buka (Seleksi PTN nasional jalur test)
dan disini gue bener-bener kudu berjuang berjuang habis-habisan buat tembus PTN, semua temen gue support mereka yg lolos SNMPTN minjemin Buku2 SBMPTN , gue pergi kesana kemari buat belajar kelompok sampe2 gue pergi ke Daerah Kab.Tangerang yg jauh banget ituu BALAJARA
kenapa jauh ?
yailaah gue datengnya dari Serpong(deket ke tangsel) itu di kab.tangerang asli jauh banget tapi gue tetep semangat karena gue inget pengen lolos PTN
gue belajar dan sharing sama anak untirta dan temen2 di daerah sana..
waktu pun semakin cepat berlalu dan waktu test SBMPTN pun datang
Gue harus bisaa....
dan gue berjuang buat ngerjain soal satu persatu dan bener2 soalnya bikin gue mabuk kepayang
..
gue ngeliat temen kanan kiri pada lancar banget ada yg milih kedokteran undip dll
pokoknya bonafit2 deh
oh iya jurusan yg gue pilih di SBMPTN itu
Universitas Negeri Yogjakarta (UNY) Kimia Murni
 Universitas Negeri Yogjakarta (UNY) Pendidikan Kimia
UNTIRTA (banten) Teknik Industri
dan selang beberapa hari gue ikut test SPMB UIN jakarta nahh sebelum test si gue ikut semacam bimtestnya (bimbingan gitu) kalian bisa baca di artikel di bawah post ini.
Seleksi SPMB UIN pun berlangsung dan alhamdulillah gue ngerjain dengan lancar , sebenrnya gue ikut SPMB UIN itu karena ibu gue , dia bilang udah UIN aja awalnya si gue niat ikut SIMAK UI yaudahlahh gpp
Sambil menunggu pengumuman SBMPTN dan SPMB UIN
ternayata pengumuman jalur raport yg gue ikutin masih ada
yaitu STTN yogja dan Vokasi UGM
namun semuanya tetap sama hanya kata maaf , maaf dan maaf yg mereka berikan...
tau gak ? di posisi ini gue udah bener2 putus asa , apa gue bener2 goblok/bego sampe gak ada yg lolos satupun apa bener2 gue harus ke swasta ya memang swasta/negeri itu sama aja tergantung mahasiswanya sendiri
tapi orang tua bener2 pengen negeri kata dia kalo gak lolos negeri tahun ini suruh ngulang tahun depan , kan rugi 1 tahun ya
akhirnya gue daftar swasta gue daftar jalur beasiswa di ITI serpong dan Bakrie university
nah selain daftar swasta ini gue udah punya skema dibulan agustsus kalo emang gue gak lolos lg
Daftar : UNJ/AKA , UNSOED , UMPN PNJ , DAN D3 IPB
hari pun semakin cepat berlalu dan pengumuman SBMPTN datang
dan ternayataaa kata MAAF lagi yg mereka berikan ....
gue bener-bener terpuruk padahal ini bulan suci ramadhan gue udah bener bertawakal buat lolos
tapi gak ada yg lolos satupun..
ngeliat temen-temen yg lolos SBMPTN makin nyesek lagi
dimas , semangat masih ada yg terbaik buat kamu ! *itu yg selalu mereka ucapkan dan sampe saat itu gue masih belom ngerti kapan yg terbaik buat gue..
dan mendekati hari lebaran gue mudik ayeyyyy
gue belom cerita ya seputar mudik nanti aja dehh :D
singkat cerita waktu gue mudik gue ditanya lanjut kuliah dimana ?
lu tau disaat posisi itu itu AKWARD MOMENT banget
Serba salah . ya gue bilang aja masih belum dapet masih nunggu pengumuaman (UIN masih ada) dan masih mau nyoba test lagi ...
hari semakin cepat berlalu gue semakin sering memuka soal-soal dan buku2 lagi karena gue bener - bener pengen lolos di PTN
Tanggal 28 gue pergi kebogor buat persiapan test AKA di tanggal 1 agustus
4 hari gue disana agar bisa lolos di Politeknik ataupun PTN .....
dan gue baru inget setelah temen2 pada nanya UIN gimana dim ?
hah UIN apaan *dalem hati gue
oh iya pengumuman nahh bener2 tuh abis test AKA jam 14.00 gue buka web ternyata pengumumannya jam 17.00
dan jam segitu perkiran gue lg dikereta jurusan balik ketangerang
karena besoknya gue kudu udah siap buat test UNSOED
di perjalanan gue bener2 berdoa semoga lolos ....
jam 20.00 gue sampai di stasiun serpong dan bapak gue udah nungguin buat jemput , akhirnya sekitar jam 20.30 gue sampe dirumah dan gue bilang pa mau nge cek pengumuman UIN , mah doaian ya biar lolos
dan saat gue masukin nomer peserta gue

SELAMAT ATAS KEBERHASILAN ANDA

kata MAAF berubah jadi SELAMAT malam ituuu
gue bener2 kaget gue bingung dalem hati seneng banget

akhirnya penantian panjang pun selesai
tapi gue masih belom resmi jadi mahasiswa UIN soalnya gue kudu ngurusin Daftar ulang
dll tapi ini cerita singkat gue seputar perjuangan gue
minta doanya ya semoga UIN INI LANCAR DAN SAMPE LULUS AAMIIN
oh iya ini sedikit catatan perjalan perjuangan gue
1. D3 UNDIP Teknik Kimia
2. SNMPTN
3. PMDK-PN
4. SPAN-PTKAIN
5. STTN
6. PNJ
7. D3 UGM
8. SBMPTN
9. SPMB UIN
10. AKA BOGOR
11. SPMB UNSOED(gak jadi)
Swasta
1. ITI SERPONG
2. BAKRIE

Gue inget #USAHA KERAS ITU GAK AKAN MENGHIANATI
dan kalo lu baru gagal sekali jangan langsung nyerah itu namanya lu pengecut , cemen
hidup itu butuh perjuangan
MAN JADDA WA JADDA
Insyaallah Allah Punya Rencana Yg baik
Salam Dari Pejuang MABA 2015
Dimas Ryandi Prasetyo
SMAN 22 Kab.Tangerang
Kalo pengen cerita yg real contack aja 08996172680 / twitter @dimas_ryandi

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 komentar:

Posting Komentar